Follow Us

PENYEBAB-PENYEBAB KOMPUTER HANG DAN SOLUSINYA


Buat temen-temen, akang-akang, mbak-mbak yang stress, jengkel, emosi, pingin dibanting komputernya dikarenakan hang, alangkah baiknya simak dulu postingan Abidin ini. Apa saja sih penyebab-penyebabnya??? Dan bagaimana yach cara ngatasinnya??? cekibrot.....

1. SOFTWARE

Dicek dulu tuh apakah software-software yang temen-temen install sudah support ama system operasinya dan cek juga system requirement software untuk hardwernya. Jangan-jangan hardware kurang gede speknya untuk install software tmen2.

2. VIRUS

Ini dia nich yang jg sering ditakutin para pengguna komputer. Karena selain software virus jg bs membuat komputer kita jd lemot dan berakibat hang. Untuk itu lengkapi komputer temen-temen dengan anti virus.

3. RAM

RAM yang lembab dan kotor dan berdebu dapat menyebabkan memori komputer atau RAM sering menyebabkan “blue screen” bahkan monitor tidak menampilkan gambar apapun. Cabut dan bersihkan memori dengan hati-hati (bisa dengan penghapus pensil) lalu tancapkan kembali. Cek dan ganti RAM dengan spesifikasi yang sama jika temen2 memasang 2 keping RAM yang berbeda.

4. PROCESSOR dan COOLFAN

Periksa processor dan coolfan temen, apakah berdebu atau kipas pendingin tidak bisa berputar. Karena itu bisa menyebabkan prosesor panas dan tiba-tiba komputer tmen hang bahkan merestar sendiri. Segera perbaiki coolfan temen2 dan diberi thermal paste secukupnya.

5. HARDWARE

Periksa dulu hardwarenya, apakah sudah terinstall dengan baik di operating system tmen2 sperti VGA, LAN, Sound, dll. Cek dengan cara: 1) klik kanan icon my komputer. 2) pilih manage 3) pilih "device manager". Kemudian perhatikan apakah ada tanda “!” berwarna kuning dalam segitiga. Jika ada, install ulang driver harware tersebut dan pastikan driver terinstall dengan benar.

6. BIOS

Periksa dulu settingan BIOS temen2 apakah sudah sesuai dengan hardware2nya. karena kadang komputer hang disebabkan oleh salah satu hardware onboard yang sudah error, seperti LAN, dll. BIOS Motherboard pun bisa kadaluarsa terhadap hardware terbaru sehingga tidak bisa support. Kunjungi website pembuat BIOS motherboard dan dapatkan updatenya.

7. POWER SUPPLY

Listrik yang tidak stabil pun bisa mengakibatkan komputer tidak bekerja dengan optimal dan berlanjut ke hang, bahkan bisa meninbulkan kerusakan pada hardware. Untuk itu periksalah daya listrik temen2, gunakan penstabil daya seperti UPS.

8. HARD DISK

File temen2 yang tidak rapi alias semprawut susunannya di dalam hardisk yang menyebabkan lemot dan di akhiri dengan hang. Perbaiki susunannya dengan defragment disk dan disk clean up secara berkala, kayak 1 bulan sekali.

9. PRINTER

Ketika temen2 mau printing. Printer menerima perintah untuk melakukan print sebuah dokumen, maka printer akan menyimpannya ke dalam memorinya. Jika dokumen terlalu gede dan memori printer terlalu kecil, hal ini juga dapat menyebabkan hang komputer. Cabut kabel data printer dan matikan printer, kemudian lakukan reset pada tombol printer.

10. OE Exception

Hal ini disebabkan VGA Card yang tidak support. Ubah setting Appearence, jika tetap kita harus mengganti VGA cardnya.

11. PANAS

Kondisi komputer yang panas menyebabkan beberapa harware tidak dapat berfungsi dengan baik. Matikan komputer atau tambahkan kipas tambahan untuk mengurangi panas PC.

Oukey,, segitu ajah yang bisa Abidin bahas tentang komputer hang. Semoga bermanfaat.....
Blog, Updated at: 7:10 PM

0 comments:

Post a Comment